Kamis, 14 April 2016

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi HDD Low Level Format Tool

Saya ingin berbagi cerita sedikit saja. Suatu hari saya diajak seorang teman memperbaiki lima unit PC di laboratorium komputer sekolah. Setelah melakukan pengecekan, ternyata lima PC tersebut harddisknya lumayan parah (Bad Sector). 

Berbagai metode sudah dilakukan. Mulai dari penghapusan partisi, format ulang (bukan low level), sampai menggunakan berbagai macam tools yang bisa digunakan. Ternyata hasilnya tidak memuaskan, ha…3x.

Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan Low Level Format pada harddisk menggunakan HDD Low Level Format Tool yang ada di dalam Hiren’s Boot CD. Dari lima harddisk, yang selamat cuma dua, sisanya lembiru alias lempar beli baru.

Catatan : 
  • Sebelum melakukan low level format, dicoba dulu melakukan recovery data. Siapa tahu ada data yang bisa diselamatkan. Karena jika sudah melakukan Low Level Format, semua data hilang dan tidak bisa di recovery lagi. Recovery data bisa menggunakan Tools yang ada di Hiren’s Boot CD.
  • Ingat-ingat, proses low level format memakan waktu yang sangat lama. Tergantung dari kapasitas harddisk dan banyaknya data.

Sayang sekali setelah dua harddisk tersebut digunakan, bad sectornya kembali lagi. Ya sudahlah, yang penting sudah berusaha. Kasihan deh loe :)

Dari pengalaman di atas, saya tidak jera juga, malah makin gila. Kali ini yang menjadi bahan percobaan Flashdisk dengan ukuran 8 GB. Tapi Flashdisknya sudah rusak, karena selalu minta format ketika dicolok ke dalam usb komputer. Saya jadi berpikir, “ Nih Flashdisk mirip cewek jarang dibelai alias jablai “.

Lihat penampakan yang sudah saya lakukan :

First of all, download dulu HDD Low Level Format Tool yang bisa di install dalam sistem operasi windows. Jika sudah download, install dan langsung jalankan aplikasinya.

Pilih dulu USB Flashdisknya, klik tombol Continue. Hati-hati jangan sampai salah pilih !!!


Tidak lama kemudian muncul jendela yang terdiri dari tiga Tab, yaitu Device details, LOW-LEVEL FORMAT, dan SMART. Pilih Tab Low Level Format, lalu klik tombol FORMAT THIS DEVICE. Jika muncul tombol peringatan, klik saja Yes.


Proses Low Level Format segera djalankan.


Setelah saya menunggu ternyata tidak berhasil, malah aplikasi HDD Low Level Format Tool ada tulisan Not Responding alias aplikasinya ngehang. Terpaksa menggunakan Windows Task Manager untuk mematikan aplikasinya.

Teman saya tertawa dan mengatakan, “ Sudah puas atau masih ingin mencoba lagi ?

Saya hanya tersenyum sambil mengangkat segelas kopi pahit. Rasa pahit kopi menambah rasa duka dalam hati karena percobaan gagal. Ingin rasanya menangis di pangkuan Ibu (LEBAY Mode On).

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon