Rabu, 13 April 2016

Cara Defragment Harddisk Menggunakan Aplikasi Defraggler

Pada saat menggunakan komputer, biasanya kita selalu install atau uninstall aplikasi yang terdapat dalam sistem operasi. Selain proses tersebut, kita juga sering melakukan editing data lalu menyimpan hasilnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya fragmentasi data atau file di dalam harddisk yang menyebabkan kinerjanya mulai lambat (lemot). Karena data terpecah menjadi beberapa bagian yang letaknya berserakan. 

Untuk mengatasi fragmentasi data, sebagai pengguna komputer kita wajib melakukan defragment pada harddisk. Minimal satu bulan sekali. Kalau kita jarang melakukan defragment, maka harddisk akan cepat rusak. Ini terjadi karena harddisk harus selalu kerja keras untuk menemukan data yang diminta pada saat menggunakan komputer. 

Bagaimana cara melakukan defragment harddisk ?

Dalam tutorial ini saya menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Defraggler.

Sebelum melakukan defragment, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Terutama sekali antivirus, nonaktifkan dulu untuk sementara waktu.

Download aplikasi Defraggler di http://www.piriform.com/defraggler

Selesai download, install dan jalankan aplikasinya


Klik salah satu drive atau partisi yang ingin di defragment. Misalnya drive C, D, E, dan lain sebagainya


Lalu klik tombol Analyze jika ingin melakukan analisa terhadap harddisk lebih dulu. Atau langsung saja klik tombol Defrag untuk melakukan defragment


Ketika tombol Defrag diklik, maka harddisk akan segera di defragment. Tunggu prosesnya hingga selesai. Kalau datanya sedikit, waktu tunggu tidak begitu lama. Namun jika datanya banyak akan memakan waktu lebih dari satu jam


Setelah proses defragment selesai, maka kinerja komputer akan lebih ringan saat membuka aplikasi dan melakukan editing data.

Catatan :

Dalam menu Action pada aplikasi Defraggler kita juga bisa melakukan defragment Folder dan File.


Pada Tab Health ada informasi mengenai kondisi harddisk, temperature, dan lain-lain.


OK sahabat yang baik hatinya, terima kasih sudah melihat tutorial atau tips melakukan defragment data di harddisk menggunakan aplikasi Defraggler. Jika ada salah kata, saya mohon maaf.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon