Senin, 04 April 2016

Tips Mengetahui Spesifikasi Hardware Komputer Menggunakan CPU-Z

Cpu-z adalah perangkat lunak (software) yang dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi hardware (perangkat keras) pada komputer. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk menampilkan informasi prosesor, mainboard, memory, graphics (vga), dan lain-lain.

Bagaimana cara kita menggunakannya ?

Buka browser plus koneksi internet, lalu ketik di keyboard http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html

Dalam website tersebut ada dua pilihan download, yaitu versi install (Setup) atau portable (ZIP). Saya memilih yang portable (ZIP)


Jika memilih setup, silahkan sahabat install dulu di komputer. Jika memilih zip, silahkan ekstrak aplikasinya didalam folder atau partisi hard disk komputer menggunakan aplikasi winrar, winzip, izarc, atau 7zip

Nah karena saya memilih versi file yang dikompres (zip), maka saya ekstrakkan terlebih dahulu


Setelah selesai, lihat versi sistem operasi yang digunakan, apakah 32 Bit atau 64 Bit. Karena OS Windows saya 32 Bit, maka saya jalankan versi 32 Bit (cpuz_x32)


Tunggu sebentar karena aplikasi CPU-Z akan mendeteksi perangkat keras komputer


Tidak lama kemudian akan tampil informasi spesifikasi komputer. Silahkan klik Tab CPU, Caches, Mainboard, Memory, SPD, Graphics, dan Bench untuk melihat lebih detail lagi informasinya


Dalam aplikasi ini terdapat tombol tools yang berguna untuk melakukan check for drivers update, check for BIOS update, dan informasi lainnya.


OK sahabat yang baik hatinya plus rajin menabung, sekian dulu tips mengetahui spesifikasi perangkat keras komputer menggunakan aplikasi CPU-Z. Semoga bermanfaat. Jika ada penyampaian yang salah, saya mohon maaf.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon