Kamis, 22 September 2016

Berbagi Pengalaman Menggunakan Website Qualys

Mungkin nama Qualys (bukan kuali Ya…) terdengar asing di telinga sahabat. Begitu juga dengan saya ketika pertama kali mengunjungi website tersebut. Tapi setelah saya membaca keterangan yang ada di halaman depan, ternyata website ini menyediakan layanan berbasis web untuk melakukan analisis keamanan browser dan plugin.

Daripada penasaran akhirnya saya mencoba layanan yang disediakan. Saya ketik di keyboard https://browsercheck.qualys.com/, kemudian muncul halaman depan :


Dalam gambar di atas, kita diberi dua pilihan untuk menganalisis keamanan browser dan plugin. Karena tidak mau install plugin, maka saya memilih opsi Scan without installing plugin. Muncul informasi yang mengatakan Google Chrome dan Adobe Flash Up To Date, yang berarti browser yang saya gunakan aman.


Saya coba juga di browser mozilla firefox versi lama, dan hasilnya ternyata Insecure Version alias tidak aman karena belum di update. Menariknya lagi ada tombol Fix It untuk melakukan update otomatis.


Setelah mendapat dua hasil yang berbeda (Chrome dan Firefox) sepertinya website Qualys ini mengambil kesimpulan kalau browser dan plugin yang aman itu harus Up To Date alias selalu diperbaharui. 

Demikianlah pengalaman saya saat menggunakan layanan berbasis web untuk menganalisis keamanan browser dan plugin yang sudah di install dalam komputer.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon