Senin, 19 September 2016

Tips Dan Trik Menggunakan Software Format Factory

Format Factory adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan konversi berbagai macam file video, audio, picture (gambar atau photo), dokumen, ROM device (DVD \ CD), dan lain sebagainya. Menurut pendapat saya, format factory cukup lengkap untuk urusan konversi file tanpa harus menginstall aplikasi lain yang sejenis.

Dibawah ini penjelasan mengenai tools yang ada di Format Factory :

Menu Video

Dalam menu ini kita bisa melakukan konversi file video dengan cara memilih format yang sudah disediakan, yaitu MP4, AVI, WebM, 3GP, GIF, WMV, MKV, MPG, VOB, MOV, FLV, dan SWF.

Menu Audio

Dalam menu ini kita bisa melakukan konversi file audio dengan cara memilih format yang sudah disediakan, yaitu MP3, WMA, APE, FLAC, AAC, AC3, MMF, AMR, M4A, M4R, OGG, WAV, WavPack, dan MP2. 

Menu Picture

Dalam menu ini kita bisa melakukan konversi file picture (gambar atau photo) dengan cara memilih format yang sudah disediakan, yaitu WebP, JPG, PNG, ICO, BMP, GIF, TIF, dan TGA.

Menu Document

Dalam menu ini kita bisa melakukan konversi file document (dokumen) dengan cara memilih format yang sudah disediakan, yaitu PDF to HTML, Mobi, Epub, dan AZW3. Format file tersebut digunakan untuk ebook.

Menu ROM Device\DVD\CD\ISO

Dalam menu ini kita bisa melakukan konversi Bluray Disc to MKV, DVD to Video File, Music CD to Audio File, DVD/CD to ISO/CSO, dan ISO to CSO atau CSO to ISO.

Menu Utilities

Dalam menu ini terdapat tools untuk melakukan : 
Video Joiner, menggabungkan beberapa file video menjadi satu
Audio Joiner, menggabungkan beberapa file audio menjadi satu
Media File Info, membaca keterangan pada file, bisa gambar, video, dan lain sebagainya
Rename, merubah atribut atau keterangan sebuah file, bisa gambar, video, dan lain sebagainya
Mux, menggabungkan file video dan audio menjadi satu

Sekarang saya ingin mencoba melakukan konversi file menggunakan format factory. Dalam tutorial ini saya mengubah file video MP4 menjadi file MKV. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pertama, download dulu aplikasinya DISINI. Jika sudah download, install seperti biasa dalam komputer, lalu jalankan format factory.

Kedua, dalam menu video pilih tipe file yang ingin di ubah, yaitu MKV. Klik tombol -> MKV dan tidak lama kemudian akan tampil jendela untuk melakukan konversi.


Ketiga, klik tombol Add File untuk mencari lokasi file MP4, kemudian klik tombol open untuk menambahkan filenya ke dalam jendela konversi. Lalu klik tombol OK.


Keempat, jangan lupa klik tombol Start untuk melakukan konversi. Tunggu sampai prosesnya selesai.



Kelima, hasil konversi bisa dilihat dalam folder FFOutput yang terletak di direktori C:\FFOutput

Demikianlah tips dan trik menggunakan aplikasi (software) Format Factory dan penjelasan singkat tools yang ada dalam program ini. Jika ada yang kurang dalam postingan, saya mohon maaf. 

Catatan :

Untuk pengaturan lain yang terdapat dalam aplikasi Format Factory, silahkan sahabat mencobanya sendiri. Kalau saya jelaskan satu persatu bisa lebih dari satu halaman, he3x. (Banyak alasan, bilang saja tidak bisa mengerjakannya, xixixixi…)

Dalam tutorial ini saya menggunakan sistem operasi windows 7 32 Bit.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon