Selasa, 16 Mei 2017

Cara Paling Mudah Mengambil Isi Website Atau Blog Di Internet

Ketika mengarungi dunia maya, saya menemukan sebuah website yang memiliki konten sangat bagus. Dimana dalam website tersebut banyak sekali artikel maupun tutorial yang menarik perhatian saya. Dalam hati berkata, “ Apakah bisa website ini saya copy isinya, kemudian membacanya tanpa harus membuka koneksi internet ?

Setelah mencari informasi bersama paman google, saya menemukan solusinya, yaitu menggunakan aplikasi open source HTTrack Website Copier atau Internet Download Manager (IDM).

A. Menggunakan HTTrack Website Copier

1. Silahkan download dulu softwarenya di HTTrack Website Copier

2. Seperti biasa, lakukan instalasi di dalam komputer.

3. Buka aplikasi HTTrack Website Copier, klik tombol Next.


4. Pada baris yang ada tulisan New project name, ketikkan nama projectnya sesuai dengan keinginan kita sendiri. Sedangkan Project category, biarkan saja default (tidak di isi). Pada baris yang ada tulisan Base path, klik tombol sebelah kanan untuk memilih folder yang digunakan menyimpan file project. Bila pengaturan sudah selesai dibuat, klik tombol Next.


5. Mucul form atau jendela Mirroring Mode. Pada baris Action, pilih Download web site(s). Kemudian isi alamat website atau blognya dibawah tulisan Web Addresses (URL). Klik tombol Next.


6. Tampil jendela baru, pilih Please adjust connection parameters if necessary. Dibawah tulisan Remote connect, pilih Do not connect to a provider (already connected) karena komputer sudah ada koneksi internetya. Klik tombol Finish.


7. Silahkan tunggu proses copy websitenya sampai selesai. Waktu tunggu tergantung kecepatan koneksi internet dan jumlah konten yang ada dalam website itu sendiri.


B. Menggunakan Internet Download Manager (IDM)

1. Buka aplikasi IDM (Internet Download Manager) yang ada di komputer. Pilih menu Tasks – Run site grabber.


2. Tampil jendela atau form IDM Site Grabber Step 1. Pada Grabber Project Name silahkan isi nama projectnya sesuai dengan selera. Dalam kolom Start page/address isi alamat website yang akan di copy. Kemudian dibawah tulisan Project template pilih Complete start page with all pictures, styles, and scripts for offline browsing.  Klik tombol Next.


3. Muncul form IDM Site Grabber Step 2. Dibawah tulisan All files to the following folder, klik tombol Browse dan cari folder yang akan digunakan sebagai tempat meyimpan filenya. Jangan lupa centang Convert the links in downloaded, lalu klik tombol Next.


4. Jendela IDM Site Grabber Step 3 muncul, kemudian pilih Explore the whole site. Klik tombol Next.


5. Tampil form IDM Site Grabber Step 4, biarkan saja pilihannya seperti gambar dibawah ini :


Klik tombol Next.

6. Terakhir, silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

Catatan :

Ketika menggunakan aplikasi HTTrack Website Copier dan Internet Download Manager (IDM) pengaturan (settings) yang saya buat masih standar (default). Sahabat bisa mencoba sendiri melakukan pengaturan yang dibutuhkan.

Demikianlah tutorial singkat cara mengambil isi website atau blog di internet agar bisa dibuka secara offline dalam komputer tanpa harus menggunakan koneksi internet. Jika ada kesalahan dalam tutorial ini saya mohon maaf. :)

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon