Senin, 08 Mei 2017

Apa Itu Website ?

Pada suatu ketika ada seorang anak kecil bertanya pada saya, “ Kakakku yang baik hati dan rajin menabung, website itu apa ?

Alamak !!! Bak disambar petir di siang bolong, saya jadi bingung sendiri menjawab pertanyaan seorang bocah yang baru duduk di kelas 4 (empat) sekolah dasar. Sebuah pertanyaan simpel yang membuat syaraf otak sedikit tegang.


Pengertian Website

Menurut situs wikipedia, website adalah adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya.

Beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut. Misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu.

Lebih lengkap lagi silahkan buka WIKIPEDIA.

Tujuan Membuat Website

Website yang kita lihat di internet itu dibuat dengan berbagai macam tujuan. Secara umum bisa dikelompokkan sebagai berikut :
  • Sebagai alat marketing, yaitu sebuah website dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu produk (barang atau jasa) yang ada pada suatu perusahaan atau perorangan.
  • Sebagai tempat diskusi yang dilakukan pengguna internet untuk membahas topik secara umum atau dalam bidang tertentu (spesifik).
  • Sebagai tempat untuk berbagi ilmu dan pengetahuan kepada pengguna internet dalam bentuk media pembelajaran online.
  • Personal branding, yaitu sebagai sarana untuk mempromosikan diri sendiri.
Dari pertanyaan anak kecil tersebut akhirnya saya jadi tahu pengertian website dan tujuan dibuatnya sebuah website. Semoga saja sahabat yang mengunjungi blog saya tidak mengalami apa yang saya alami ketika bertemu dengan seorang anak kecil yang penuh dengan tanda tanya. ## Tepok Jidat :) ##

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon