Kamis, 04 Mei 2017

Cara Paling Mudah Mengunci File Executable

Suatu hari saya kedatangan seorang teman yang menanyakan bagaimana cara mengunci file executable (exe) agar tidak mudah dibuka oleh siapapun kecuali pemilik komputer itu sendiri. Hal ini sangat berguna bagi dia agar file tersebut tidak disalahgunakan. 

Setelah mengarungi dunia maya mencari informasi, paman google memberi wejangan menggunakan software Free EXE Lock. Dimana aplikasi ini dapat mengunci file executable menggunakan password yang dienkripsi. So, bagi yang tidak tahu kata kuncinya maka file tidak bisa dibuka.

Cara menggunakan Free EXE Lock :

1. Silahkan download terlebih dahulu softwarenya di http://www.freeexelock.com/ 


2. Setelah download lakukan instalasi di komputer seperti yang biasa kita lakukan. Tinggal klik tombol Next saja.

Catatan :

Pada saat melakukan instalasi memerlukan koneksi internet.

3. Buka aplikasi Free EXE Lock, jika ada pemberitahuan update, abaikan saja. Karena jika kita melakukan update, akan muncul form yang melakukan instalasi ulang dan ada aplikasi yang tidak diinginkan ikut di install dalam komputer secara otomatis.


4. Untuk mengunci file executable (exe), pada menu file klik tombol Select untuk mencari lokasi file exe yang akan diproteksi.


5. Pada menu Enter your password, silahkan isi kata kunci di baris Password dan Confirm sesuai dengan keinginan sahabat sendiri. Kemudian klik tombol Encrypt untuk mengunci file exenya.


6. Untuk menghilangkan proteksi pada file exe yang sudah diberi password, buka aplikasi Free EXE Lock. Pada menu file klik tombol select dan cari dimana lokasi filenya, isikan kata kunci, kemudian klik tombol Decrypt.


Catatan :

Sangat disayangkan pada saat saya melakukan Encrypt dan Decrypt menggunakan Free EXE Lock terdapat peringatan kalau aplikasi ini berhenti bekerja (has stopped working). Tapi yang aneh, walaupun berhenti bekerja, ternyata proses Encrypt dan Decryptnya sukses dilakukan. Apakah aplikasi Free EXE Lock ini ada Bug ?, saya juga tidak tahu, he…3x.


Dalam tutorial ini saya menggunakan sistem operasi windows 7 32 Bit.

Terakhir, akhirnya teman saya tersenyum mendapat informasi ada aplikasi gratis yang mampu mengunci file executable dengan mudah.

Demikianlah tutorial cara mengunci file executable (exe) menggunakan software Free EXE Lock. Semoga ada manfaatnya buat sahabat yang mengunjungi blog saya. Jika ada error ketika menggunakan aplikasi ini, resiko tanggung sendiri Ya, gkgkgk.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon