Selasa, 22 Mei 2018

Membuat Desain Grafis Berbasis Web Menggunakan Canva

Halo sahabat yang baik hatinya, jumpa lagi bersama saya di bulan yang penuh berkah (Ramadhan 1439 H). Setelah sekian lama tidak menulis dalam blog ini, akhirnya saya mencoba membuat tulisan mengenai sebuah website yang menyediakan tools berbasis web untuk membuat desain grafis yang unik dan menarik.

Website tersebut dikenal dengan nama CANVA yang memiliki alamat di internet https://www.canva.com/.

Kenapa memilih Canva ? Karena fitur yang ada dalam website ini sangat membantu saya ketika membuat berbagai macam desain dengan mudah, cepat, dan hasilnya sedap dipandang mata. :)

OK, sekarang saatnya masuk ke dalam tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi berbasis web Canva. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

A. Membuat Akun di Canva

1. Ketikkan di browser https://www.canva.com/. Tidak lama kemudian akan tampil halaman Sign Up untuk membuat akun agar bisa menggunakan layanan yang disediakan dalam situs ini. Terdapat lima pilihan  kenapa menggunakan Canva, yaitu Education, Small Business, Large Company, Nonprofit or Charity, dan Personal. Silahkan sahabat pilih salah satu. Dalam tutorial ini saya memilih Small Business (startup, blog).


2. Tampil halaman New to Canva? Sign Up!, silahkan pilih mau daftar menggunakan akun Google Plus atau Email. Saya memilih daftar menggunakan email.


3. Tampil form pendaftaran, silahkan isi kolom Full Name, Your Work Email, Confirm Email, dan Password. Jangan lupa klik atau centang reCAPTCHA I’m not robot, kemudian baru klik tombol Sign up.


4. Buka kotak masuk (inbox) pada email dan cari email pemberitahuan dari admin website Canva untuk melakukan verifikasi agar akun yang sudah dibuat bisa digunakan.

B. Menggunakan Tools Yang Ada di Canva

Setelah memiliki akun di Canva, maka sahabat sudah bisa menggunakan tools yang disediakan untuk keperluan desain grafis. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Login menggunakan akun yang sudah dibuat, kemudian klik tombol Create a design.


2. Pada halaman yang ada di sebelah kanan terdapat berbagai macam desain yang bisa dipilih sesuai dengan selera sahabat. Terdiri dari Recommended for you, Social Media Posts, Documents, Blogging & eBooks, Marketing Materials, Social Media & Email Headers, Events, dan Ads.


3. Dalam tutorial ini saya coba memilih Blog Banner pada kategori Blogging & eBooks. Tidak lama kemudian tampil Tab baru untuk melakukan desain sesuai dengan selera. :)

Nah, dalam tab baru ini terdapat satu menu di sebelah kiri yang berisi tools untuk melakukan editing, yaitu LAYOUTS, ELEMENTS, TEXT, BKGROUND, dan UPLOADS. Sedangkan di sebelah kanan terdapat kanvas untuk melihat hasil desain dan menambah halaman baru.


Gambar Editing Tools


Gambar Kanvas

4. Hasil desain yang saya buat bisa sahabat lihat gambarnya di bawah ini :


5. Terakhir, klik tombol download untuk mendownload desain yang sudah jadi. Jangan lupa memilih File Type gambarnya, apakah PNG atau JPG.


Demikianlah tutorial desain grafis berbasis web menggunakan Canva, semoga ada manfaatnya. Bila ada salah kata dan ada yang kurang dalam tutorial ini saya mohon maaf.

Catatan :

Canva tersedia juga dalam bentuk aplikasi untuk smartphone iPhone, iPad, Android mobile, dan Android tablet.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon