Kamis, 24 Mei 2018

Tips dan Trik Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia Studio

Saat sedang asyik berkelana di dunia maya, tiba-tiba sepupu saya yang masih kuliah datang ke rumah untuk minta tolong dibuatkan video tutorial install sistem operasi GNU/Linux. Katanya itu tugas dari dosen. WOW keren, dia yang punya tugas, saya yang disuruh buat tugasnya. Alamak, dunia sudah terbalik. :)

Nah, berhubung saya orangnya baik hati, maka saya tolong sepupu saya yang merasa resah dan gelisah karena waktu pengumpulan tugasnya tinggal satu hari lagi. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi tentang aplikasi Video Recording yang bagus di Internet. Atas bantuan Paman Google, akhirnya saya menemukan sebuah perangkat lunak (software) yang memiliki nama Camtasia Studio. 

Ternyata menggunakan Camtasia Studio tidak begitu sulit dan fitur yang ada cukup banyak untuk membantu saya merekam, mengedit, dan memproduksi video yang akan di upload di Internet.

Berikut ini panduan singkat cara merekam aktivitas yang terjadi di dalam komputer menggunakan Camtasia Studio :

1. Buka aplikasi Camtasia Studio yang sudah di install dalam komputer, kemudian pilih Record the screen. 


2. Tidak lama kemudian akan tampil jendela program Camtasia Recorder. 


a. Dalam kolom Select area digunakan untuk mengatur ukuran atau dimensi layar. Ada Full screen atau Custom. Jika memilih Full Screen maka secara otomatis layar di set dengan ukuran penuh. Sedangkan jika memilih Custom, maka kita bisa mengatur sendiri ukuran layarnya. 


b. Dalam kolom Recorded inputs digunakan untuk mengatur apakah akan menggunakan Webcam atau Audio pada saat melakukan rekaman nanti. Kalau saya lebih baik Audio saja yang aktif, karena jika menggunakan Webcam, wajah saya kelihatan mirip kecebong hanyut. :)


3. Untuk mulai membuat rekaman videonya, tinggal klik tombol warna merah yang ada tulisan rec atau tekan tombol F9 di keyboard komputer. 


4. Untuk menghentikan proses membuat rekaman videonya tekan tombol F10 di keyboard komputer. 


5. Setelah pembuatan rekaman video selesai, jangan lupa disimpan dalam hard disk filenya. File ini nanti bisa di edit menggunakan tools yang ada di Camtasia Studio untuk proses produksi sebelum upload di internet.


Sayang sekali pada saat membuat file video dengan ekstensi .mp4 dari hasil rekaman membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal durasi video hanya 14 menit dan resolusi yang dibuat 480p. Apakah memory (RAM) yang ada dalam komputer saya kurang memuaskan, xixixi. :)

Setelah berhasil membuat video tutorial install OS GNU/Linux, sepupu saya senang sekali. Sore itu juga dia langsung upload di Youtube, pamit pulang, terus tinggallah saya sendiri yang planga plongo sambil mikir dalam hati, “ Mahasiswa macam apa ini ? “. :)

This Is The Newest Post

1 komentar so far

top listing website in faridabad. It helps to get online marketing solutions to promote your local business online all over India.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon