Sabtu, 23 September 2017

Cara Defragment Harddisk Menggunakan Aplikasi O&O Defrag

Setelah mencoba melakukan defragmentasi harddisk menggunakan aplikasi Defraggler (lihat tutorial), maka saya mencoba melakukan defragment menggunakan aplikasi O &O Defrag.

Seperti biasa, sebelum melakukan defragment, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Terutama sekali antivirus, nonaktifkan dulu untuk sementara waktu.

Langkah-langkahnya :

Pertama, silahkan sahabat download dulu aplikasi O&O Defrag di https://www.oo-software.com/en/products/oodefrag, kemudian install seperti biasa dalam PC atau Notebook.

Kedua, jalankan aplikasinya, klik tab menu O&O Defrag, pilih partisi dalam harddisk yang akan di defrag. 
Klik tombol Start, maka akan tampil lima metode defrag. Silahkan pilih salah satu metode yang akan digunakan. Dalam tutorial ini saya memilih STEALTH (Ctrl+F10) yang bisa melakukan defragment dengan cepat.

 

Ketiga, silahkan tunggu prosesnya sampai selesai. 


Keempat, untuk melakukan defrag pada partisi yang lain, contoh: D atau E, caranya sama saja (langkah 1 – 3).

Catatan :

Diantara lima pilihan metode defrag yang ada pada O&O Defrag, menurut saya metode STEALTH yang paling cepat melakukan defrag data dalam harddisk.

Ternyata, selain tools untuk melakukan defrag, dalam aplikasi O&O Defrag terdapat tools lain yang bisa kita pilih. Berikut ini penjelasan singkat tools tersebut :

Tab Menu O&O DiskCleaner


Tools ini memiliki fungsi untuk membersihkan file yang tidak terpakai lagi dalam harddisk yang bisa mengganggu kinerja sistem operasi.

Tab Menu O&O DiskStat


Tools ini memiliki fungsi untuk melakukan analisa pada harddisk dan memberikan laporan jumlah ukuran file yang terpakai dalam harddisk. 

Tab Menu Schedule


Tools ini memiliki fungsi untuk membuat jadwal defrag harddisk sesuai dengan pengaturan yang akan dibuat.

Tab Menu Extras


Tools ini terdiri dari Check Drive(s), ClusterInspector, Determine file position, dan lain sebagainya yang bisa kita pilih untuk digunakan.
Sebagai contoh tools Check Drive(s) yang bisa kita gunakan untuk menemukan error yang ada dalam harddisk.

OK sahabat yang baik hatinya, demikianlah tutorial cara menggunakan aplikasi O&O Defrag. Semoga ada manfaatnya dan bila terdapat kesalahan dalam tutorial saya mohon maaf.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon