Senin, 02 Oktober 2017

Cara Paling Mudah Mengetahui Spesifikasi Perangkat Keras Komputar Atau Laptop

Suatu hari saya pernah mendapat pertanyaan bagaimana caranya untuk mengetahui spesifikasi perangkat keras (hardware) yang ada pada PC atau Notebook. Ternyata, jawabannya adalah memanfaatkan tools yang ada di sistem operasi itu sendiri (OS Windows bukan GNU/Linux). Karena cara inilah yang paling mudah digunakan.

Bagaimana caranya ? Silahkan ikuti panduan berikut ini :

Pertama, karena saya menggunakan OS Windows 7, silahkan tekan tombol start. Dalam kolom pencarian yang ada tulisan Search programs and files, ketikkan run. Tidak lama kemudian muncul berbagai macam pilihan tools atau aplikasi yang bisa kita pilih. Silahkan pilih dan klik tulisan Run.


Kedua, tampil jendela atau form Run, ketikkan dxdiag. Klik tombol OK atau langsung tekan tombol Enter pada keyboard.


Ketiga, tidak lama kemudian muncul jendela atau form DirectX Diagnostic Tool. Dalam Tab Menu System, sahabat akan melihat informasi tentang perangkat keras (hardware) yang ada dalam PC atau Notebook. Dalam Tab Menu Display, sahabat dapat melihat informasi kartu grafis (VGA). Dalam Tab Menu Sound, sahabat akan mengetahui jenis speakernya. Terakhir, dalam Tab Menu Input, sahabat dapat melihat informasi perangkat keras lainnya yang digunakan.


Catatan : 

"Dalam DirectX Diagnostic Tool, sahabat juga bisa melihat informasi detail driver yang terinstall dalam sistem operasi."

Nah begitulah cara paling mudah mengetahui perangkat keras yang ada dalam PC atau Notebook. 

Namun sangat disayangkan, informasi yang tampil dalam DirectX Diagnostic Tool ini masih umum. Untuk mengetahui informasi yang lebih spesifik, maka kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu CPU-Z. Silahkan lihat tutorialnya disini.

Semoga tips ini ada manfaatnya dan bila ada salah kata saya mohon maaf.

Jika sahabat ingin memberikan komentar silahkan isi kolom komentar dibawah ini :
EmoticonEmoticon